DONOR DARAH : “MEREKA SELAMAT KITA SEHAT”

Panitia PMR SMAN 71 Jakarta feat Tim Medis PMI

Halo sobat sapta eka, masih tetap luar biasa kan? ^_^

Pada hari Sabtu, 20 Januari 2019 kemarin tim palang merah remaja SMAN 71 Jakarta (@pamarasaka.71) kembali bekerja sama dengan PMI mengadakan acara donor darah.

Kegiatan ini disambut hangat dan antusias oleh warga SMAN 71 Jakarta. Semua terlibat. Baik dari kepala sekolah, guru-guru, siswa-siswa, orang tua siswa, bahkan juga tim kantin dan koperasi sekolah.

Kala itu hujan turun sangat deras, tetapi tak mengurangi semangat panitia dan juga peserta karena kita semua sadar bahwa setetes darah kita sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan, “mereka selamat, kita sehat”.

Sebelum acara dimulai, Pak Acep Mahmudin, S.Pd, M.Si selaku kepala sekolah memberi kata sambutan dan apresiasi terhadap semangat kinerja tim @pamarasaka.71.

Ada banyak peserta yang semangat untuk ikut donor tapi hanya sebanyak 65 orang peserta yang berhasil mendonorkan darah. Jika darah yang diperoleh dari setiap pendonor rata-rata 350ml, maka hari itu telah terkumpul sekitar 22,750 liter darah. Dan jika 1 kantong darah bisa menyelamatkan 3 nyawa, maka hari itu darah kita akan menyelamatkan 195 nyawa. Woow, luar biasa. Sedemikian dahsyat kekuatan berbagi. Semoga darah yang didonorkan semua layak untuk ditransfusikan ke pasien. Amin.

Peserta donor perdana tentunya bapak kepala sekolah lalu dilanjutkan dengan guru-guru, siswa, staf tata usaha, tim kantin dan koperasi sekolah bahkan orang tua siswa juga ikut donor.

Bapak Acep Mahmudin selaku kepala sekolah menjadi peserta perdana donor darah.

Kegiatan donor ini memiliki banyak sekali manfaat. Tak hanya bermanfaat dari sisi kemanusiaan dan kesehatan tapi donor darah juga menambah sukacita. Siapa yang menduga jika ibu petugas ini ternyata dulunya adalah salah satu siswa Pak Acep Mahmudin. Tali silahturahmi kembali terjalin setelah berpuluhtahun tak bertemu. Membahagiakan sekali.

Nah, kegiatan donor ini juga semakin menguatkan bonding antara siswa dan guru. Tak ada jarak yang memisahkan. Keduanya bersatu dalam satu misi yaitu berbagi dan menolong mereka yang membutuhkan. ^_^

Dan untuk panitia @pamarasaka.71 sendiri, dari kegiatan ini mereka juga belajar banyak. Belajar koordinasi dan semakin kompak.

Nah, kali ini kita bahas sedikit tentang donor darah yaa sobat sapta eka.

Kenapa sih donor darah itu penting?

Pertama dan di atas semuanya, kita telah terlibat aktif menyelamatkan saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Saat kita menolong orang lain sesungguhnya kita sendiri mendapat manfaat yang jauh lebih banyak. Apa saja itu :

  • Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah

Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah yang mana merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan resiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang teratur donor darah berpeluang terkena penyakit jantung 88  persen lebih rendah dibanding dengan yang tidak melakukan donor darah.

  • Menurunkan risiko kanker

Resiko kanker juga menurun loh jika kita rajin dan rutin donor darah. Hal ini disebabkan berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh. Pasalanya semakin banyak kandungan zat besi dalam darah, semakin besar peluang meningkatnya radikal bebas dalam tubuh.

  • Membantu menurunkan berat badan

Mendonor ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan. Karena sebanyak 650 kalori terbakar saat mendonorkan 450 ml darah.

  • Mendeteksi penyakit serius

Setelah donor, darah kita akan diuji terlebih dahulu untuk mengecek apakah layak untuk diberikan kepada penerima. Nah, semisalnya ada sesuatu penyakit yang terdeteksi di darah kita, tim medis PMI akan menghubungi kita dan akan diberitahukan apa yang sebenarnya terjadi.

  • Membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia

Mengapa? Karena setiap kali kita memberi, ada sukacita dan bahagia di hati. Bahagia karena merasakan betapa hidup kita jadi bermakna karena berkesempatan menyelamatkan orang lain dan damai dengan tubuh sendiri. Sebuah penelitian dalam bidang psikologi menunjukkan bahwa orang yang mendonorkan darah  dengan tujuan menolong orang lain memiliki resiko kematian lebih rendah dibanding dengan orang yang mendonor untuk kepentingan pribadi atau bahkan yang tidak mendonor sama sekali.

  • Meningkatkan produksi darah

Mendonor secara teratur membantu merangsang produksi sel-sel darah yang baru dan mempercepat proses pemulihan luka.

Masih banyak manfaat lainnya. Tapi perlu kita tahu bahwa tidak semua orang bisa jadi pendonor. Saat ingin mendonor, pastikan kita dalam kondisi sehat. Sebelum mendonor panitia akan memberi formulir untuk kita isi sebagai sumber informasi bagi tim medis untuk memutuskan kita boleh ikut mendonor atau tidak. Setiap pendonor akan diberi kartu donor bagi yang belum punya sebelumnya.

Lalu, seberapa sering harus donor darah? Menurut laman Give Blood, pria boleh mendonorkan darahnya setiap 12 minggu (tiga bulan) dan wanita dapat memberikan darahnya setiap 16 minggu (empat bulan) — maksimal 5 kali dalam 2 tahun — karena pria biasanya memiliki lebih banyak persediaan zat besi daripada wanita.

Nah, itu dia informasi tentang donor darah. Semoga kita semua dilimpahi kesehatan dan diberi kesempatan untuk donor darah di kesempatan berikutnya. Amin.

Tetap semangaat ya sobat sapta eka.

SMAN 71, JAYA.

PRESTASI, PASTI.

AKHLAK MULIA, UTAMA.

Leave Comment

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.