Tarian Pembukaan Asian Games 2018

Pembukaan Asian Games 2018 pada Sabtu 18 Agustus 2018 lalu telah berlangsung dengan sangat meriah. Acara ini dibuka dengan persembahan tarian Ratoh Jaroe yang diikuti oleh 1.600 pelajar dari SMA/SMK se-DKI Jakarta. Salah satu yang menjadi peserta tarian Ratoh Jaroe di pembukaan Asian Games ini adalah siswi-siswi dari SMAN 71 Jakarta. Sebelumnya mereka diaudisi terlebih dahulu.

Suksesnya pagelaran tarian Ratoh Jaroe tidak lepas dari sang koreografer, Denny Malik. Diadaptasi dari laman Tribun, siswi-siswi ini mulanya dilatih di sekolah masing-masing dengan bantuan 40 koreografer. Waktu keseluruhan yang dibutuhkan untuk melatih para siswa tersebut selama kurang lebih enam bulan. Tiga bulan latihan di masing-masing sekolah. 1,5 bulan terakhir para siswa dari semua sekolah dikumpulkan untuk latihan bersama.

Ratoh Jaroe sendiri adalah tarian yang berasal dari Aceh. Sekilas tarian ini serupa dengan tari saman. Namun ternyata berbeda. Jika tari saman para penarinya bisa laki-laki, sebaliknya tari Ratoh Jaroe semua penarinya adalah perempuan. Ratoh Jaroe berasal dari dua kata, yakni Ratoh yang berarti menari dan Jaroe yang berarti jemari. Jika digabungkan dua kata ini mempunyai makna jemari yang menari.

Berikut ini adalah dokumentasi dan video tarian ratoh Jaroe pada saat pembukaan Asian Games 2018.




Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *