MPLS

MPLS yang merupakan kepanjangan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan yang sejatinya diikuti oleh peserta didik baru di sekolah baru mereka. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan situasi dan lingkungan sekolah yang akan menjadi tempat peserta didik belajar selama tiga tahun ke depan. Pra MPLS sendiri dibuka sehari sebelum tahun ajaran baru dimulai pada hari Senin, 16 Juli 2018. Di SMAN 71 Jakarta, Pra MPLS dimulai pada hari sabtu, 14 Juli 2018. Kegiatan dimulai jam 6.30 sampai 09.17. Kegiatan MPLS dikoordinir langsung oleh Guru dengan dibantu OSIS. Pada hari itu orang tua juga hadir berkenaan dengan salah satu acara serah terima peserta didik baru yang diwakili oleh salah satu orang tua murid. Diberikan juga penjelasan teknis MPLS yang akan dilaksanakan selama 3 hari dan berlangsung mulai pada pada hari Senin, 16 Juli.

Pada kegiatan MPLS hari pertama diberikan pengenalan profil sekolah, pengenalan kurikulum, serta berkeliling ntuk mengenal lingkungan sekolah. Hari kedua dimulai dengan tadarus kemudian dilanjutkan dengan pengenalan tatib oleh wakil kesiswaan, Ibu Yulfira. Wawasan wiyata mandala oleh Pak Mediyatna, wawasan kebangsaan dan kepemimpinan oleh Ibu Annisa, pengenalan profil OSIS/MPK SMAN 71 oleh OSIS, motivasi belajar oleh Pak Amir, serta sosialisasi PJK oleh PJ kelas masing-masing. Hari terakhir, acara dilanjutkan dengan sosialisasi kekerasan seksual oleh Dinas, seminar ekskul KIR, seminar Bank DKI oleh Bank DKI, Bela negara oleh Pak Lilik, serta pengenalan kegiatan kepramukaan oleh Ibu Drs. Hj. Yendri Dwifa. Menjelang akhir kegiatan Bapak Drs. Maret Subiyono sebagai ketua pelaksana MPLS memberikan sambutan. Disambung kemudian sambutan dari kepala sekolah sekaligus penutupan secara simbolis oleh Ibu Dra. Hj. Wilin Murtanti. Dengan demikian berakhir sudah kegiatan MPLS di SMAN 71 Jakarta untuk peserta didik baru.

Selamat belajar di SMAN 71 Jakarta, Nak. Semoga tercapai apa yang kalian cita-citakan kelak.

“Kau akan berhasil dalam setiap pelajaran, dan kau harus percaya akan berhasil, dan berhasillah kau; anggap semua pelajaran mudah, dan semua akan jadi mudah; jangan takut pada pelajaran apa pun, karena ketakutan itu sendiri kebodohan awal yang akan membodohkan semua” ― Pramoedya Ananta Toer.

Berikut dokumentasi kegiatan MPLS

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *