STUDI BANDING KE BANDUNG

Laporan tertulis dari siswa OSIS bidang Mading, Veriska XI IPS 2

Di awal tahun 2018 ini OSIS Tavyasana Diwacathya Saka berkesempatan untuk melakukan studi banding ke SMAN 5 Bandung dan SMAN 3 Bandung pada hari Jum’at (26/1). Osis TDS didampingi oleh Ibu Yulfira selaku guru kesiswaan, Pak Rusbad selaku wakil kurikulum dan Ibu Endang selaku Humas dari SMAN 71 juga ikut melakukan studi banding untuk urusan internal sekolah. Kami berkumpul di SMAN 71 Jum’at pagi lalu bertolak ke Bandung. Rombongan tiba di SMAN 5 Bandung pukul 10 pagi dan langsung disambut hangat oleh pengurus OSIS dan sekolah di sana.

Setelah tiba di SMAN 5 Bandung, kami langsung dibawa ke ruang audio visual SMAN 5 Bandung untuk sambutan dari Wakil Kepala Sekolah dan Ketua OSIS beserta jajarannya dari kedua sekolah. Disambut oleh tim vocal group dari SMAN 5 Bandung yang mempersembahkan tiga lagu yang membuat kami semua terpukau akan kepiawaian mereka dalam bernyanyi. Lalu, masing-masing sekolah memperkenalkan profil sekolah. SMAN 5 Bandung menampilkan video profil sekolahnya yang terdiri atas beberapa kegiatan dan eskul dari SMAN 5 itu sendiri. Dan juga diadakan penyerahan plakat kepada kedua belah pihak sebagai tanda terimakasih karna telah berkenan untuk melakukan studi banding.


Memperkenalkan profil masing-masing sekolah


Penyerahan plakat kepada SMAN 5 Bandung

Setelah sholat Jum’at bertempat di aula, OSIS-MPK dari kedua sekolah melakukan sharing program yang terbagi menjadi beberapa sekbid. Kami dipisah dan berkumpul sesuai bidangnya masing-masing, dan membuat sebuah circle untuk saling sharing dan bercerita. Walau ini merupakan pertemuan pertama kami, namun mereka sudah sangat asyik dan terbuka untuk bercerita mengenai program yang mereka miliki, bahkan kami saling bertukar sosial-media. Sharing program berlangsung sangatlah seru namun sayangnya sharing belum sepenuhnya selesai waktu sudah menunjukan pukul 14.15 yang mana kami sudah harus lanjut untuk studi banding ke SMAN 3 Bandung. Sangat disayangkan kami tidak sempat untuk tur di gedung SMAN 5 Bandung karena keterbatasan waktu.


Suasana sharing program antar kedua sekolah

Akhirnya kami menutup studi banding di SMAN 5 Bandung dengan berfoto bersama di depan gedung SMAN 5 Bandung dengan penuh keceriaan.


Berfoto bersama di depan gedung SMAN 5 Bandung

Setelah selesai melakukan studi banding di SMAN 5 Bandung, kami lanjut melakukan studi banding di salah satu sekolah unggulan di Indonesia yaitu SMAN 3 Bandung. Letaknya satu gedung dengan SMAN 5 Bandung hanya terpisahkan oleh sebuah koridor diantara kedua sekolah itu. Tidak membutuhkan waktu lama dari SMAN 5 Bandung, kami langsung bertolak mengarah ke ruang Audio Visual SMAN 3 Bandung. Kami disambut hangat oleh OSIS-PK SMAN 3 Bandung yang dengan senang hati menyambut kami di jalan menuju ruang audio visual.

Di ruang audio visual, kami mendapat sambutan dan pihak SMAN 3 Bandung juga dari OSIS-PK SMAN 3 Bandung. Setelah itu kami saling melakukan penyerahan plakat sebagai bentuk tanda terimakasih karena telah berkenan melakukan studi banding. Acara selanjutnya adalah perkenalan profil dari masing-masing sekolah. Setelah perkenalan profil sekolah kami saling tanya-jawab mengenai program yang dilakukan, disitulah kami saling sharing dan mendapatkan ilmu baru dari studi banding ini. Mereka juga menanyakan beberapa pertanyaan seputar OSIS dan MPK SMAN 71 Jakarta.


Mepresentasikan profil dan program kerja OSIS/MPK SMAN 71


Penyerahan pllakat antara kedua sekolah


Presentasi profil dan program OSIS-PK SMAN 3 Bandung

Setelah sholat ashar, kami melakukan kunjungan atau tur sekolah yang dipandu oleh OSIS-PK SMAN 3 Bandung, disitu kami berkeliling sekitar sekolah SMAN 3. Banyak sekali hal menarik yang terdapat di gedung sekolah SMAN 3, dengan nuansa belanda gedung SMAN 3 Bandung yang menyatu dengan SMAN 5 Bandung merupakan suatu hal yang cukup menarik ditambah dengan cerita sejarah mengenai gedung tersebut. Dan yang cukup menarik perhatian lagi pada gedung SMAN 3 adalah adanya gazebo yang digunakan untuk berkumpul warga sekolah SMAN 3 Bandung.


Suasana saat tur sekolah SMAN 3 Bandung


Suasana tur sekolah SMAN 3 Bandung


Suasana saat tur sekolah SMAN 3 Bandung


Perwakilan SMAN 71 bersama perwakilan dari SMAN 3 Bandung.

Namun sayangnya Pukul 17.00 kami sudah harus menyelesaikan studi banding di SMAN 3 Bandung ini. Kami menutup studi banding ini dengan berfoto bersama di depan gedung SMAN 3 Bandung.


Berfoto bersama di depan gedung SMAN 3 Bandung

Berkat adanya acara studi banding ini, kami dapat mendapatkan ilmu dari kedua sekolah yang berbeda ini. Dengan melakukan studi banding di SMAN 5 yang sangat unggul di bidang ekstrakulikuler dan SMAN 3 yang sangat unggul di bidang akademisnya membuat kami merasa sangat senang karena mendapatkan ilmu yang sangat berguna bagi kami dalam menjalankan program sekolah kedepannya dari dua sekolah yang berbeda. Sekolah yang memiliki program berbeda dapat bertukar pikiran, sharing program, dan menambah ilmu baru yang sangat banyak sehingga dapat mengembangkan program dan sekolah masing-masing, juga menjalin silaturahmi antar sekolah. Diharapkan, ditahun selanjutnya studi banding ini dapat dilaksanakan kembali.

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *