Peringatan Tahun Baru Islam

Tahun Baru Islam merupakan hari yang penting bagi umat Islam. Pada hari itu, tanggal 1 Muharram tahun 622 Masehi terjadi peristiwa bersejarah hijrahnya Nabi Muhammad saw dari kota Mekkah ke Madinah. 1 Muharram adalah awal tahun dalam kalender Islam (Hijriah).

Memperingati tahun baru Islam 1 Muharram hakikatnya adalah mengenang kembali peristiwa hijrah sekaligus mendalami makna hijrah dan pengamalannya masa kini. Menurut Nabi Muhammad, hijrah adalah meninggalkan apa-apa yang dilarang. Salah satu hadits menyebutkan, “Muslim adalah seseorang yang menghindari menyakiti dengan lidah dan tangannya, dan Muhajir adalah orang yang meninggalkan semua larangan Allah.” (HR Bukhari).

Dalam peringatan tahun baru Islam kali ini SMAN 71 Jakarta memberikan santunan kepada 100 anak yatim. Perayaan tahun baru Islam dimeriahkan juga oleh kehadiran Bapak Dik Doang yang turut berpatisipasi dalam acara ini.

Meneladani Rasulullah, maka alangkah baiknya jika momen ini dijadikan perenungan dalam diri kita semua untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan taat di sepanjang tahun.




Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *