Sekolah Kewirausahaan

Setelah sebelumnya sekolah kami cukup aktif mengikuti beberapa kegiatan bazar dan pameran PKWU serta mengirimkan peserta didiknya untuk berlomba di ajang seni kriya dan memperoleh juara III maka tahun ajaran baru ini SMAN 71 dipercaya untuk memperoleh dana bantuan (block grant) dari pemerintah untuk program sekolah kewirausahaan. Tentu ini adalah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan bagi seluruh peserta didik, terutama kelas X yang memperoleh kesempatan mendapatkan dana bantuan tersebut.

Untuk pemilihan aspek PKWU maka SMAN 71 memilih kerajinan dan pengolahan makanan. Merujuk kepada silabus PKWU maka aspek kerajinan kelas X di semester ganjil ini bertema kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda. Sementara media yang dipilih untuk kerajinan ini adalah akrilik. Sedangkan untuk aspek pengolahan makanan yaitu makanan awetan bahan pangan nabati.

Peserta didik selain memperoleh konsep kewirausahaan dari guru PKWU mereka masing-masing juga akan mendapatkan pencerahan dan motivasi dari beberapa tokoh wirausaha terkait bidang kerajinan dan pengolahan makanan. Selain itu kakak kelas (kelas XI) juga akan dilibatkan untuk berbagi ilmu kepada adik kelas mereka. Pada akhir program ini adalah basar dan pameran untuk menampilkan karya produk dan kreasi siswa dari kelas X.

Berikut adalah dokumentasi foto kegiatan program sekolah kewirausahaan yang sudah dilakukan






Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *