Semarak Kreativitas Siswa

Hari Kamis tanggal 15 Desember 2016 diselenggarakan acara Gebyar Semarak Kreativitas Siswa SMA DKI Jakarta di Smesco. Kegiatan ini diprakarsai oleh Bidang SMA Pemprov Pendidikan DKI dan dimotori oleh Kasi Kurlum, Bapak Husin, dan Kasi Manajemen, Bapak Putoyo di bawah pembinaan Kabid SMA, Bapak Fathurin Zen. Kepanitiaan terdiri dari para kepala sekolah peserta kegiatan Semarak Kreativitas Siswa DKI. Peserta pameran terdiri dari sekolah rujukan, kewirausahaan, dan literasi SMA Provinsi DKI Jakarta.

Acara dimulai jam 7.30 s.d 15.00. 51 booth dari berbagai SMA di Jakarta menampilkan beragam produk kewirausahaan seperti kerajinan, budidaya tanaman, pengolahan bahan pangan dan rekayasa. SMAN 71 turut berperan serta dengan menampilkan berbagai karya siswa dari mata pelajaran seni rupa serta prakarya dan kewirausahaan.

Selain pameran dan bazaar, acara Gebyar Semarak Kreativitas Siswa SMA ini juga sarat dengan berbagai kegiatan seminar dan pagelaran seni yang menarik perhatian pengunjung. Kehadiran sastrawan besar, Taufik Ismail sebagai salah satu nara sumber di acara ini diharapkan dapat memberikan pencerahan mengenai pentingnya kegiatan membaca. Mengutip kalimat Taufik Ismail, ada 2 hal utama yang harus diajarkan dalam pelajaran bahasa Indonesia di sekolah, yaitu membaca…membaca, menulis…menulis. Dalam presentasinya Taufik memberikan perbandingan jumlah buku yang dibaca oleh siswa-siswa di Rusia dengan remaja di Indonesia. Di Rusia, siswa di sekolah senang membaca buku-buku karya Leo Tolstoy yang tebal bukunya bisa mencapai 800-1000 halaman. Leo Tolstoy adalah sastrawan besar Rusia abad 19. Sementara di Indonesia, kegiatan membaca karya sastra masih menjadi catatan di buku kurikulum. Taufik menekankan pentingnya peranan semua pihak untuk menularkan kegemaran dan kecintaan pada buku. Membaca dan menulis adalah pekerjaan yang mencerminkan luas dan dalamnya ilmu serta peradaban yang dimiliki seseorang.

Kegiatan selanjutnya adalah talk show dari para pemenang olimpiade, peneliti, dan enterpreneur muda dari berbagai SMA. Talk show pertama, Farel dan Ravelio dari SMAN 63, peraih medali emas dengan penelitian mereka mengenai khasiat daun ketepeng cina untuk obat demam berdarah (DB). Pada penelitian ini kedua pemuda dari SMAN 63 berhasil melakukan eksperimen untuk menaikkan trombosit pada hewan tikus. Menurut mereka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut agar daun ketepeng cina dapat dikonsumsi oleh manusia.

Presentasi kedua dari Prasidya Pramadresana Saftari dari SMAN 87 dengan tema Perlunya Pengenalan Robotika di Sekolah. Andre, panggilan dari Prasidya mengatakan bahwa saat ini pembelajaran robotika perlu diajarkan di sekolah. Berikutnya, adalah pasangan srikandi dari SMAN 34, Alaysia dan Revana dengan produk Instalasi Polapena. Instalasi Polapena adalah solusi dari permasalahan yang dialami oleh murid-murid di sekolah ini. SMAN 34 memiliki banyak tanaman, sehingga sampah daun bertumpuk setiap harinya di sekolah. Selain sampah daun, di belakang sekolah berdiri sebuah peternakan sapi. Bau kotoran sapi yang menyengat sampai ke ruang-ruang kelas. Berlatarbelakang kedua masalah tersebut maka kedua remaja ini berusaha mencari penyelesaiannya dengan memasukkan sampah daun dan kotoran sapi ke dalam kontainer untuk diolah menjadi gas. Selanjutnya, Isma dan Dinar dari SMAN 66 dengan produk mereka berupa tas dari bahan blacu dan kaos dengan menggunakan konsep cultural drawing. Produk mereka dimaksudkan untuk melestarikan wisata Indonesia. Terakhir adalah dua remaja putri, Cynthia dan Zahratul Jannah dari SMAN 80 yang akan berangkat bulan Mei tahun depan ke Los Angeles untuk mengikuti kompetisi ilmiah. Penelitian mereka yaitu menguji daya rekat pada hewan cicak.

Kegiatan semarak edufair juga diramaikan dengan pentas seni berupa paduan suara, tari saman, bali, pencak silat dan berbagai kesenian lainnya.

Berikut adalah dokumentasi kegiatan Semarak Kreativitas Siswa SMA DKI Jakarta.


Banner SMAN 71

Persiapan

Taufik Ismail

Talk show

Booth SMAN 71
Booth SMAN 71






Hidroponik di stand SMAN 71 Panitia Gebyar Semarak Kreativitas Siswa

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *