Kegiatan Muharam 1438

Tahun Baru Islam ditandai dengan hijrahnya Rasulullah SAW dari kota Mekkah ke kota Madinah. Di kota Madinah inilah Rasulullah melakukan syiar Islam yang kemudian berkembang dengan pesat. Pada masa itu Rasulullah SAW meninggalkan kota Mekkah menuju Madinah demi keselamatan dalam menjalankan agama.

Hijrah selain memiliki makna seperti di atas, juga dapat berarti meninggalkan akhlak buruk untuk menuju kebaikan seperti yang diperintahkan oleh Allah SWT. Sejalan dengan makna hijrah di atas, maka kegiatan muharram di SMA Negeri 71 Jakarta dimaksudkan untuk mendidik siswa meninggalkan kemalasan dan kebodohan menuju hal-hal yang bermanfaat dan berguna bagi sesama.

Untuk menyambut Tahun Baru Islam 1438 H, maka ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) SMA Negeri 71 Jakarta mengadakan berbagai macam kegiatan yang bertemakan “Membangun Ukhuwah dan Syi’ar Islam melalui Seni Islam. Tujuan kegiatan muharam secara umum adalah memperingati tahun baru hijriah 1 muharram 1438 dengan kegiatan yang posituf dan islami. Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah swt, menumbuhkan rasa peduli terhadap anak yatim-piatu, serta menanamkan nilai-nilai agama dan akhlak mulia.

Bentuk kegiatan muharram akan diisi oleh berbagai lomba seperti lomba adzan, dakwah islam, MTQ dan santunan kepada anak yatim. Rangkaian acara lomba dilaksanakan pada hari Senin, 17 Oktober 2016 s.d Rabu, 19 Oktober 2016. Sementara santunan kepada anak yatim piatu diadakan pada hari Rabu, 26 Oktober 2016.

Seluruh rangkaian kegiatan muharram 1438 H berakhir pada hari Rabu, 26 Oktober 2016. Pada acara puncak ini dihadiri oleh Ibu Kepala Sekolah dan para wakil orangtua murid (WOTK) serta peserta anak yatim piatu. Penceramah yang mengisi acara ini adalah H. Syahrul S.Ag dan ustadzah Quratul Aini.

img_4624

img_4662
img_4778

img_4780
img_4806

img_4795

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *