Perempuan Bumiputera yang Mandiri, R.A. Kartini

“Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.” – R. A. Kartini.

Siapa yang tak kenal R.A Kartini? Ia lah pelopor kebangkitan perempuan pribumi, wanita yang memiliki semboyan dengan dua kata, “Aku mau”. Kalimat itu mencerminkan bentuk perlawanan Kartini terhadap diskriminasi yang dirasakan oleh kaumnya. Bagi Kartini, kalimat “Aku Mau” melenyapkan rasa takut dan membuat seseorang mampu mendaki puncak gunung.

Kartini tidak hanya berjuang untuk emansipasi wanita namun ia pun menolak penjajahan yang dilakukan oleh kolonial Belanda pada masa itu. Kartini menuangkan semua mimpi dan harapannya untuk masa depan yang lebih baik, terutama bagi kaumnya dalam rangkaian surat yang ia kirimkan kepada sahabat-sahabatnya di negeri Belanda. Surat-surat tersebut kemudian dibukukan dan diberi judul Habis Gelap Terbitlah Terang.

Buku itu kelak menjadi pendorong semangat bagi wanita Indonesia untuk memperjuangkan hak-haknya. Beruntunglah wanita Indonesia saat ini, berkat perjuangan Kartini mereka dapat memperoleh pendidikan yang tinggi dan menentukan hidupnya sendiri. Kartini percaya bahwa untuk memajukan wanita maka mereka harus mendapatkan pendidikan. Pendidikan yang baik tidak hanya mencukupkan kita dalam hal materi namun yang terpenting lagi adalah adanya kesempatan dan peluang yang lebih baik bagi kita untuk bisa memberikan manfaat bagi diri dan sesama.

Untuk memperingati hari Kartini sekolah kami mengadakan kegiatan lomba-lomba seperti pentas seni dan peragaan busana. Ada juga pelatihan yang diikuti oleh semua guru SMAN 71.

IMG_4761 IMG_4757
IMG_4758 IMG_4759
IMG_4763 IMG_4751


Selamat hari Kartini. Mari menjadi perempuan mandiri, merdeka dalam menentukan pilihan, cerdas dan berkepribadian serta mampu berkontribusi untuk perempuan-perempuan di Indonesia.

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *