Simulasi UNBK

Menjelang pelaksanaan ujian nasional, SMAN71 menggelar simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer yang dilaksanakan dari tanggal 15 s.d 19 Februari 2016. Tujuan diadakannya simulasi ini selain untuk menguji kesiapan operasional juga dimaksudkan untuk membiasakan siswa agar tidak kesulitan saat mengerjakan UN dengan menggunakan media komputer.

Jadwal pelaksanaan kegiatan simulasi dibagi tiga sesi. Ruang komputer yang digunakan ada 3, lab CAC dan EC di lantai 2 dan lab komputer di lantai 3. Sebelum pelaksanaan simulasi, semua soal sudah diunduh dari server pusat.

Hari pertama pelaksanaan simulasi TO cbt berjalan lancar. Proses upload cukup berhasil dilakukan. Siswa-siswa pun dapat melaksanakan TO cbt dengan tenang dan lancar.
IMG_4074 IMG_4086
IMG_4087

Untuk sinkronisasi data berhasil dilakukan di satu server cadangan. Sementara 3 server lainnya tidak berhasil melakukan proses sinkronisasi. Hari kedua, lab komputer yang terletak di lantai 3 dan lab ec di lantai 2 sempat mengalami kegagalan koneksi ke server pusat. Akibatnya, beberapa siswa di ruangan tersebut tidak dapat melakukan TO cbt. Hari ketiga, hanya satu lab yang dapat digunakan sementara 2 lab lainnya setelah server sempat berhasil aktif namun rilis token tidak bisa dilakukan. Hari ke-empat diputuskan untuk men-share server cadangan. Langkah ini berhasil sehingga 2 lab dapat beroperasi.

Dari pantauan sampai hari ini, diperoleh beberapa masalah yang cukup mengganggu, yaitu sulitnya melakukan proses sinkronisasi walau telah dilakukan puluhan kali restart. Dan juga rilis token yang membutuhkan waktu cukup lama.

Walau demikian, pelaksanaan simulasi unbk ini memberi pengalaman dan pembelajaran yang cukup berarti. Karena di setiap permasalahan yang kami temui pada akhirnya kami belajar untuk mencari solusinya. Simulasi ini belum berakhir, karena beberapa minggu ke depan sampai pelaksanaan UNBK, kegiatan ini masih berlangsung untuk lebih memantapkan dan mempersiapkan diri lebih baik.

Semoga pelaksanaan simulasi dan unbk nantinya berjalan lebih baik dan lancar. Amin.

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *