Persiapan Pelaksanaan UNBK

Dikutip dari laman Kemendikbud, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Dalam rangka turut mendukung program pemerintah untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer, SMAN 71 melakukan beberapa persiapan, diantaranya adalah pembuatan proposal pengajuan bantuan sosial berupa perangkat komputer ke Kemendikbud. Selain itu pemeliharaan dan upgrade 56 komputer lama milik sekolah serta sosialisasi dan pemberdayaan wakil orang tua kelas XII. Sekolah pun merapikan dan menyiapkan tiga laboratorium komputer serta satu ruang cadangan.

Di dalam pelaksanaannya sekolah SMAN71 telah melakukan MOU dengan Kemendikbud. Hasil upgrade sejumlah 35 komputer telah berhasil dilaksanakan. Sekolah juga memperoleh bantuan dari wakil orang tua kelas XII berupa 35 komputer. Dan mempersiapkan satu ruang cadangan yang berisi 12 komputer.
IMG_4089 IMG_4090
Akhirnya, tiga lab telah siap digunakan beserta satu ruang cadangan. Semoga segala upaya untuk meningkatkan literasi siswa terhadap teknologi informasi dan komunikasi serta niat yang baik untuk mendukung program pemerintah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer ini dapat berjalan lancar dan dimudahkan segala urusannya oleh Tuhan Yang Maha Esa. Amin.
IMG_4092

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *