Sekolah Berintegritas

Integritas menurut Kamu Bahasa Indonesia adalah keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran.

Kejujuran adalah satu hal yang sulit untuk ditemukan saat ini, namun bukan berarti tidak ada. Nah, pada hari Selasa, 21 Desember 2015, SMAN 71 menerima penghargaan sebagai salah satu sekolah dari 503 sekolah dengan Indeks Integritas Tertinggi se Indonesia.

503 sekolah ini dipilih berdasarkan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) yang berhasil dipertahankan selama 6 tahun berturut-turut dengan nilai antara 92 sampai 99. Parameter penilaian dilakukan dengan menelusuri cara dan proses siswa melaksanakan UN dalam kurun waktu tersebut.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap 503 sekolah tersebut Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengundang 503 kepala sekolah ke Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, pada hari Senin 21 Desember 2015.

Mengutip harian Detik, menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan menuturkan, “Kita harus akui, lebih dari 60 persen SMA dengan bidang studi IPA punya integritas rendah. Yang kita harapkan nilai tinggi, integritas juga tinggi. Jangan juga nilai rendah, integritas tinggi.”

Sekolah yang memiliki nilai tinggi itu baik, akan tetapi lebih baik dan mulia lagi jika dibarengi dengan nilai integritas yang tinggi.

Menjadi kebahagiaan bagi lingkungan SMAN 71 dengan mendapatkan predikat sekolah yang memiliki kejujuran yang sangat baik. Semoga kebahagiaan itu dapat disyukuri dengan kesungguhan bersikap jujur, pun terhadap diri sendiri. Karena, sejatinya kejujuran tidak memiliki nilai ukur.

Foto bersama 503 kepala sekolah madrasah untuk jenjang SMP dan SMA sederajat dari seluruh Indonesia yg menerima anugerah sekolah ber integritas

Foto bersama kepala sekolah-madrasah untuk jenjang SMP dan SMA sederajat Prov DKI Jakarta yg menerima anugerah integritas Ujian Nasional (UN) dengan Bapak Joko Widodo Presiden RI

Bersama Bapak Anies Rasyid Baswedan, Ph.D,Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *