Rotasi Jabatan Kepala Sekolah SMAN 71 Jakarta

Minggu ini ada sesuatu yang berbeda di SMAN 71 Jakarta, yaitu terjadinya pergantian jabatan kepala sekolah menjelang akhir tahun pelajaran. Jabatan Kepala Sekolah yang selama ini di pegang oleh Bapak Musyafa di gantikan oleh pejabat Kepala Sekolah baru yakni Ibu Willin Murtanti.

Bapak Drs. Musyafa SPd.I

Bapak Drs. Musyafa SPd.I


Ibu Dra. H Willin Murtanti, MPd.  Kepala SMAN 71 yang baru

Ibu Dra. H Willin Murtanti, MPd.
Kepala SMAN 71 yang baru


Mutasi Jabatan dan rotasi jabatan merupakan fenomena yang biasa terjadi di sebuah organisasi atau lembaga seperti di lingkungan pendidikan. Mutasi adalah suatu perubahan posisi/jabatan/tempat/pekerjaan yang dilakukan pimpinan puncak organisasi kepada seseorang yaitu karyawan (manajemen dan non-manajemen) baik secara horizontal maupun vertikal (promosi/demosi) di dalam satu organisasi. Sementara rotasi merupakan perpindahan karyawan namun lebih pada perpindahan tempat kerja dengan lingkup dan tugas pekerjaan yang cenderung berbeda agar para karyawan terhindar dari rasa jenuh atau produktifitas yang menurun. Keduanya merupakan bagian dari pengembangan sumberdaya manusia (SDM). Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi karyawan, mengembangkan motivasi, meningkatkan pengetahuan dan pengalaman kerja, mutu proses pekerjaan dan produktifitas serta efisiensi organisasi.

Istilah mutasi dan rotasi tidak jarang menimbulkan tumpang tindih. Namun pada dasarnya keduanya merupakan perpindahan karyawan dari satu unit ke unit lain atau bisa saja perpindahan pada antarsubunit di unit yang sama dengan motif yang beragam namun dengan tujuan yang sama. Dalam prakteknya setiap organisasi melakukan mutasi dan rotasi yang bervariasi sesuai dengan karakteristik, kompetensi organisasi dan individu karyawan, dan kondisi kesehatan organisasi. Namun ada prinsip umum yang seharusnya diterapkan oleh semua organisasi bahwa mutasi dan rotasi haruslah berdasarkan pada dimensi kemanusiaan, keorganisasian, pengembangan atau reposisi karyawan, keadilan, keterbukaan, dan akuntabilitas serta berkelanjutan.

Dengan adanya Mutasi dan Rotasi ini diharapkan menambah warna baru dan semangat baru di lingkungan SMAN 71 Jakarta, sehingga kinerja manajemen dan proses kegiatan belajar akan terus meningkat dan menjadi lebih baik.

Foto-foto Pelepasan dan Penyambutan Kepala SMAN 71 Jakarta :


Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *