Studi Islam Ramadhan di SMAN 71

Bulan Ramadhan telah tiba, saatnya bagi siswa siswi SMAN 71 untuk kembali “nyantri” di acara SIR (Studi Islam bulan Ramadhan) yang pesertanya adalah siswa-siswi baru SMAN 71 Jakarta. Kegiatan Bidang Kesiswaan ini merupakan kegiatan spiritual untuk mengajarkan tentang makna Ramadhan pada siswa-siswi SMAN 71. Pengenalan tentang makna Bulan Ramadhan kepada remaja memang sangat penting sebagai bekal kerohanian mereka untuk aktifitas ke depannya. Sehingga ibadah Ramadhan menjadi sebuah amal yang membentuk perilaku Islami dan dapat dipahami.

1551526_10204557312960812_2222300445120889893_n
Agenda kegiatan SIR meliputi kajian dakwah tentang Ramadhan, kegiatan berbuka puasa bersama, Shalat Tarawih bersama, Tadarus Alquran dan pembagian zakat untuk masyarakat yang lebih membutuhkan di sekitar lingkungan SMAN 71 Jakarta.

Dalam kegiatan SIR tersebut siswa-siswi dapat berdiskusi tentang cara memaknai bulan Ramadhan dengan terlibat langsung pada amalan sederhana, seperti :

Ajaran untuk berpuasa
Sebagai umat Islam, sangat wajib hukumnya untuk berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Tidak hanya menahan rasa lapar dan dahaga saja, tetapi juga menahan amarah serta keinginan duniawi. Termasuk membentuk sikap yang lebih sabar dan tenang.

Hindari bergosip, berbohong dan serakah
Berbohong saat sedang berpuasa merupakan hal yang membatalkan nilai amalan puasa. Oleh karena itu selama kegiatan SIR siswa-siswi di ajarkan untuk mengisi aktifitas Ramadhan dengan hal yang lebih bermanfaat. Begitu pula pada waktu berbuka puasa bersama, nilai sikap untuk berbagi dalam  mengambil makanan secukupnya dan tidak serakah menjadi hal yang sangat diperhatikan. Dan yang paling penting, segala hal baik yang dilakukan di bulan puasa, dan menjauhi hal-hal buruk tidak hanya dilakukan dalam bulan Ramadan saja, tetapi untuk selamanya.

Siswa-siswi yang turut serta dalam kegiatan SIR yang dilakukan sejak Jum’at sore hingga Minggu Siang terlihat sangat khusuk dan tetap semangat dalam mengikuti setiap sesi acara, tentu saja kita berharap dengan kegiatan SIR ini aspek sikap yang lebih religius akan semakin kuat.

Dokumentasi Foto :

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *